Jumat, 25 November 2011

mama, malaikat tanpa sayap :')

well..
hari ini jumat dan seharusnya jadi jadwal praktikum DADAKAN, tapi dikarenakan praktikum ini udah selesai, hari ini jadi jadwal kosong *horeeee :D
niat terpendam gw pas libur hari ini adalah pengen bangun jam 9 ke atas, tapi apa daya, jam 5 teng mata gw ga mau kompromi, dia udah melek segede jengkol *apaan, padahal sipit jugaa -__-"
gw paksain tidur lagi sampe jam 6, tapi ga bisa, yauda gw langsung ngacir kekamar mandi, buat mandi tentunya, ga mungkin juga gw nungguin menu sarapan dikamar mandi kan (?)


finally, gw sibuk berkutat sama dunia maya *azeeeh :D
udah lama ga liat blog-blognya alit, bena, sama dika. biasanya abis ngebaca blog mereka gw langsung seger, kayak dapet pencerahan duniawi gitu sama banyolan mereka bertiga, tapi teteeep blogger kesayangan gw itu ALIT sama DIKA :D


pas gw buka blognya alit, loadingnya lamaaa banget, jadi gw nyambi nelpon mama deh..
tu blog beserta laptop gw anggurin buat sekitar 1,5 jam karena nelpon mama, kangen banget denger suara mama :')


selesai telponan, gw baru inget kalo tadi gw lagi buka blognya alit, judul pertama disana itu "Mamaku Seorang Penjual Jamu", gw kira alit bakal nulis sama banyolannya yang suka kurang waras itu, tapi ternyata BIG NO!! baru kali ini, gw liat alit nulis serius dan.... nyentuh!
it's touch me a lot :'(
ini link nya http://www.shitlicious.com/2011/11/mamaku-seorang-penjual-jamu.html


dia nyeritain nyokapnya, semua tentang pengorbanan nyokapnya, gimana dia bangga banget dan berusaha buat ngebahagiain nyokapnya, semua bener-bener bikin gw terharu, ga bermaksud cengeng, tapi iyaa gw nangis :(
gw juga beberapa kali ngepost di blog ini tentang mama, tapi pas baca tulisannya alit gw sadar kalo gw butuh lebih banyak usaha dan doa buat memprioritaskan apa yang ada didalam diri gw buat mama dulu..


gw inget, mama juga pernah ngelakuin hal yang sama persis sama nyokap alit, mama pernah beliin gw baju lebaran, padahal uang mama lagi sekarat, tapi justru pas lebaran baju mama masih yang itu-itu aja..
gw yakin, mama juga pengen punya baju baru waktu itu, tapi mama berbesar hati buat ngasi semua yang dia punya buat anak-anaknya..
mama emang bener-bener malaikat tanpa sayap :')


engga karena papa gw singaporean, terus hidup gw ditumpukin sama dollar. banyak orang disekitar gw yang mikir kayak gitu, padahal itu semua KELIRU.
iya, gw pernah sangat ngerasain gimana hidup sejahtera, tiap minggu bolak balik s'pore, tiap caturwulan (jaman gw SD belum semesteran) pasti keluar negeri, sempet juga gw ngegendongin koala di Australia, belanja ditempat yg mirip sama Mangga Dua di Hongkong, ngeliatin pantai yang bagusnya subhanallah di Phuket, Thailand. bukannya sombong atau apaa, sumpah! ini kejadiannya udah lamaaa banget.. masa-masa gw masih imut dan ga ngerti apa yang namanya plesiran ke luar negeri, masa-masa dimana gw sendiri ga mengganggap negara-negara itu ternyata negara yang bahkan pas sekarang pengen gw kunjungin lagi juga udah susssah :(
tapi itulah hidup, kita bisa kapan aja berada diatas dan lalu tiba-tiba jatuh tanpa kita duga juga sebelumnya. dan itulah yg keluarga gw alami, alhamdulillah Allah memilihkan jalan yang sedikit berbeda buat keluarga kami :')


selama ini, gw ga pernah sekalipun share masalah ini sama siapapun, bahkan blog yang satu-satunya jadi the best listener gw aja, masih gw tutupin masalah yang sebenernya, karena apa? karena gw sendiri ga kuat buat nulisinnya.. gw sama sekali ga bermaksud lebay, tapi itulah yang sebenernya.
sampe akhirnya, sekitar seminggu yang lalu.. arif nanyain tentang keluarga gw, wajar dia nanya karena dia sendiri udah banyak banget nyeritain keluarganya, tapi gw? gw sama sekali belum cerita apapun. pas dia nanya, gw cuma bisa diam, gw pengen cerita tapi ga ngerti harus mulai darimana. sampe akhirnya dia bilang, "cerita aja, mulai dari mana aja, tapi kalo rasanya ga percaya buat cerita sama arif, yauda gpp". miris banget gw denger dia ngomong gitu, dia aja udah bisa terbuka sama gw, percaya dan yakin gw bisa nerima dengan baik kondisi keluarganya, kenapa gw enggak? akhirnya, gw cerita. belum full semua, tapi cukup bikin gw lega.. selesai gw cerita, dia diam cukup lama, sampe akhirnya dia bilang, "arif ga tau mau ngomong apa, ga nyangka masalah aini seberat itu, entahlah kalo sampe arif sendiri yang ngalamin bakal kuat apa ga.. aini hebat selama ini bisa keliatan baik-baik aja, padahal lagi ngadepin masalah sebesar itu, sabar ya aii, itu tanda Allah sayang sama aini"
makasi ya rif :)


masalah emang keliatannya lagi lomba-lombaan buat ngejar gw dan keluarga.
tapi mama lah fighter yang paling kuat menghadapinya semuanya, mama emang sempet beberapa kali nangis dan itu sama sekali bukan karena mama lemah, gw tau gimana mama udah berusaha sekuatnya supaya air matanya ga jatuh.. tapi sekali lagi, mama perempuan dan air mata mama jatuh sebagai bukti betapa lembut hati mama..
gw inget, gimana mama nutupin penyakit tumor rahimnya dari gw dan bertahan ga mau operasi cuma karena mau biayain kuliah gw, gw inget pas akhirnya mama bisa operasi dengan duit yang juga ngutang sama sodara papa di s'pore, tapi selesai operasi saat itu juga duit itu diminta balik, kasarnya kalo gw bilang tu orang emang pada ga punya nurani!
disaat kita cuma jalanin hidup dari uang pensiunan papa, mama juga yang jadi otak gimana dengan uang segitu-gitunya tapi tetap bisa liat anak-anaknya sekolah. mama tetep pengen gw tinggal dikosan yang bagus kayak sekarang ini, dengan uang kos perbulannya 350rb. pas gw niat pindah kosan yg 200rb perbulan, mama marah, ga ngasi gw pindah.. liat gimana seorang malaikat tanpa sayap itu menjaga gw?


sekarang, mama lagi berusaha buat ngejual rumah.
yaa, semua demi kelangsungan hidup keluarga kami. selanjutnya bakal tinggal dimana? gw belum tau..
mama selalu optimis, Allah ga akan ngasi cobaan lebih dari kemampuan umatNya.
bahkan disaat paling menyedihkan sekalipun, mama selalu tegar.
ga bermaksud menghilangkan peran papa, tapi disini emang mama yang beneran fight buat keluarga. dengan kondisi tubuh mama yang belum stabil tapi harus menghadapi semua ini, rasanya gw ga bisa jauh dari mama :'(


tadi pagi, pas nelpon mama..
seperti biasa kita selalu ngomongin masalah artis-artis dulu, ngomongin ustad Solmed, acara nikahan anaknya pak SBY sampe ke Raffi - Yuni. kita ketawa ngakak bareng, meski dipisahkan dengan jarak yang begitu jauh, gw bisa ngerasain, ngebayangin ekspresi ketawa mama kalo lagi gosip bareng gw ^^
tapiii, pas gw tanyain kesehatan mama, mama ngeluh sakit dibagian perut, berasa kembung. mama diam agak lama, gw sempet ngira sinyal ilang mendadak. tapi ga lama mama ngomong dengan suara serak, mama nangis :( "ainii, mama rindu, biasanya kalo mama lagi sakit gini aini yang paling sibuk masakin mama bubur sama sarden, atau ga masakin mama tumis kol, pagi-pagi pasti udah bikinin mama teh panas, kalo sekarang dirumah cuma ada adek, manaaa pandai dia mau bikin kayak gitu".
*jleb! pedih dengernyaa, gw juga kangeeeen dengan semua rutinitas pengabdian seorang anak ke ibunya, ga sekedar mengabdi sama laporan praktikum dan tugas-tugas ini..


semua orang punya alasan masing-masing untuk mencintai ibunya.
semua ibu bahkan tanpa alasan telah mencintai anaknya begitu dalam.
cintailah ibu kita dengan apa yang bisa kita lakukan untuknya, karena ibu tak perlu materi untuk membuatnya tersenyum, cukup dengan cinta dan kasih yang tulus dari kita saja ibu sudah bisa sangat bahagia seolah surga dekat sekali dengannya..


ya Allah, jagain mama yaa, jauhkan mama dari segala penyakit.
meski mama kuat, tolong jangan tambahkan lagi sakitnya ya Rabb.
aini sayang mama, sangat sayang :)


-aini-

2 komentar:

  1. amiinn,,mdh2n sllu yg trbaik la utk aini..
    ttp semngat yow,,dn sllu prcaya bhwa Allh tu mmng maha penyayang...:)

    BalasHapus

 
Every Moment is a Gift ~ Blogger Template by Ipietoon Blogger Template